MUSRENBANGDES DAN PENETAPAN RKPDES TAHUN ANGGARAN 2023

  • Nov 18, 2022
  • KETITANGWETAN-BATANGAN

KETITANGWETAN - Dalam merencanakan prioritas program dan kegiatan pembangunan desa, Pemerintah Desa Ketitangwetan melaksanakan Musrenbangdes dalam menyusun prioritas. Dengan dihadiri oleh Muspika Kecamatan Batangan, Pemerintah Desa Ketitangwetan, Lembaga Desa dan tokoh masyarakat desa Ketitangwetan di balai Desa Ketitangwetan pada hari Rabu, 16 November 2022 telah disepakati program prioritas yang disusun dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2023.

Mitigasi bencana menjadi fokus pembahasan dimana desa Ketitangwetan yang menjadi hilir aliran sungai gedong merupakan titik rawan terjadinya bencana banjir. Mulai dari normalisasi saluran air, sungai dan penguatan tanggul sungai menjadi salah satu prioritas kegiatan pembangunan tahun 2023. Pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa seperti meningkatkan BUMDes atau membuat desa wisata sesuai dengan potensi desa yang bisa dikembangkan dan menyumbang PAD.

Pada tahun 2023, sebagai program nasional BLT Dana Desa untuk warga yang termasuk dalam miskin ekstrim tetap dialokasikan kepada 20 KPM atau 8% dari Anggaran Dana Desa yang akan diterima. Penanganan stunting melalui Posyandu, Penyuluhan kelas ibu hamil, kelas ibu balita dan kegiatan lainnya.

Peserta Musrenbangdes juga mengajukan 2 usulan yang akan dibawa dalam Musrenbangcam Kec. Batangan yaitu pembangunan talud sungai gedong sepanjang jembatan gandam sampai desa ketitangwetan dan normalisasi sungai kaliombo yang menjadi anak aliran sungai gedong bagian sisi timur.